Loading...

Cara GAmpANG MENONAKTIFKAN Fitur Dari AutoCorrect Di Microsoft Office Word 2007

Mungkin beberapa pengunjung blog IM merasa bingung karena mereka tidak tahu apa yang dimaksud dengan AutoCorrect? Fitur AutoCorrect adalah kemampuan sebuah program yang memiliki fungsi untuk memperbaiki kata yang salah. AutoCorrect yang akan saya bahas di sini adalah fitur AutoCorrect yang disediakan oleh program pengolah kata adalah Microsoft Office Word. Kemampuan untuk memperbaiki kata yang salah ketik di sini tentu saja setiap kata yang telah terdaftar dan dikonfirmasi dalam daftar kosakata. Contoh kecil, jika Anda mengetik kata 'teh' di Office Word kemudian setelah kami jarak otomatis akan berubah menjadi kata 'the'. Nah itulah yang dimaksud dengan fitur AutoCorrect.

 dengan disediakannya fitur AutoCorrect didalam Office Word ini akan banyak membantu agar kita tidak mengalami salah ketik. Namun disatu sisi fitur AutoCorrect sangat mengganggu terutama jika kita ingin mengetik kata dalam Bahasa Indonesia. Seperti yang sudah saya contohkan diatas, jika AutoCorrect masih aktif maka setiap kita akan mengetik kata ‘teh’ maka otomatis akan berubah menjadi kata ‘the’. Sehingga pada akhirnya kita tidak bisa mengetik kata ‘teh’ tersebut.

Cara GAmpANG MENONAKTIFKAN Fitur Dari AutoCorrect Di Microsoft Office Word 2007

Yang menjadi pertanyaan kita sekarang adalah apakah kita bisa mematikan AutoCorrect tersebut di Office Word? Jawabannya tentu saja bisa! Bahkan jika Anda ingin tetap menggunakan fitur AutoCorrect namun ingin mengganti daftar pembendaharaan kata otomatisnya, kita bisa melakukannya. Karena secara default daftar pembendahaan kata AutoCorrect ini adalah Bahasa Inggris.


Berikut ini Tips Cara Menonaktifkan AutoCorrect Di Office Word 2007


Kenapa saya memberikan judul hanya di Microsoft Office Word 2007 saja? Karena ketika saya membuat artikel ini Office Word yang saya gunakan adalah versi 2007. Dan untuk Office Word versi lainnya seperti Office Word 2010, Office Word 2013, dan Office Word 2016 silakan menyesuaikan saja sendiri. Karena pada intinya masih sama saja.

Untuk menonaktifkan AutoCorrect Di Office Word 2007 caranya sangat mudah. Silakan Anda buka aplikasi Office Word 2007 kemudian klik pilih tombol Office Button yang berada di sebelah kanan atas lembar kerja Office Word. Selanjutnya Anda klik pilih lagi Word Options.

Cara GAmpANG MENONAKTIFKAN Fitur Dari AutoCorrect Di Microsoft Office Word 2007

Setelah jendela Word Options aktif, sekarang Anda klik pilih Proofing kemudian klik lagi AutoCorrect Options.

Cara GAmpANG MENONAKTIFKAN Fitur Dari AutoCorrect Di Microsoft Office Word 2007

dihadapan Anda adalah lembar kerja untuk mengatur fitur AutoCorrect Office Word lebih lanjut. Jangan sampai salah posisi tab harus berada pada tab AutoCorrect.

Ada 5 pengaturan AutoCorrect yang menurut saya penting dan jangan dinonaktifkan demi untuk mengoreksi setiap kata yang salah dan juga mempercepat proses pengetikan Anda, yaitu :

  1. Correct TWo INitial CApitals = Berfungsi untuk mengoreksi setiap kata atau huruf kapital dalam satu kata lebih dari dua kapital. Misal jika kita mengetik kata ‘BeRfungsi’, tentu saja itu salah. Seharusnya ‘Berfungsi’ atau ‘berfungsi’. Maka jika kita mengaktifkan fitur AutoCorrect ini secara otomatis setelah kita tekan spasi akan berubah menjadi benar;
  2. Capitalize first letter of sentences = AutoCorrect ini berfungsi untuk mengatur huruf kapital pada setiap kata pertama setiap kalimat. Dan selanjutnya akan berfungsi juga pada penulisan kata habis titik;
  3. Capitalize first letter of table cells = Ini berfungsi untuk mengatur huruf kapital pada kata pertama di setiap sel tabel;
  4. Capitalize names of days = AutoCorrect ini sangat berguna karena akan mengubah secara otomatis pada setiap penulisan nama hari menjadi huruf kapital pada huruf pertamanya;
  5. Correct accidental usage of cAPS LOCK key = Fitur ini sangat berguna untuk mengoreksi setiap terjadi kesalahan ketik menjadi huruf kapital ketika kita menggunakan tombol Caps Lock.
Cara GAmpANG MENONAKTIFKAN Fitur Dari AutoCorrect Di Microsoft Office Word 2007
 
pada tab AutoCorrect juga terdapat pengaturan Replace text as you type. Nah itulah yang saya maksud dengan pembendaharaan kata didalam fitur AutoCorrect. Jika Anda ingin menghapus kata AutoCorrect tertentu, seperti kata ‘teh’ menjadi ‘the’ itu maka gunakan fitur ini dengan memilih kata yang ingin dihapus kemudian klik pilih tombol Delete.

Namun sebaliknya jika Anda ingin menambah pembendaharaan kata AutoCorrect, silakan Anda ketik kata AutoCorrect pada kolom Replace dan kata penggantinya pada kolom With kemudian klik Add untuk menambahkan sekaligus menyimpannya. Misal jika Anda mengetik kata ‘hi’ pada kolom With dan Anda ketik juga kata ‘hihihi’ pada kolom Replace (tanpa tanda petik). Maka nanti jika kata tersebut sudah tersimpan setiap Anda mengetik kata ‘hi’ pada Office Word dan Anda spasi otomatis akan berubah menjadi kata ‘hihihi’.


0 Response to "Cara GAmpANG MENONAKTIFKAN Fitur Dari AutoCorrect Di Microsoft Office Word 2007"

Post a Comment