Loading...

Cara Memberikan Proteksi Password Pada Microsoft Visual Basic Application (VBA) Microsoft Excel

VBA atau yang disebut Visual Basic for Application adalah bahasa pemrograman  Visual Basic Mini yang dibuat khusus oleh Microsoft untuk dapat digunakan demi meningkatkan kemampuan aplikasi yang dibuat oleh Office. VBA ini sebetulnya bukan hanya terdapat pada Office Excel saja. VBA dapat kita temukan juga di Office Word, Office Access, dan Office Power Point. Bahasa sederhananya VBA pada Office adalah sebuah program yang berisi serangkaian perintah untuk mengatur beberapa jenis aspek pada Office itu sendiri. Hal ini demi membuat pekerjaan di Office menjadi lebih efektif dan efesien.

Terkadang demi keamanan data, kita harus perlu mengunci halaman Visual Basic Office agar tidak bisa dibuka oleh orang lain. Apapun pekerjaan yang kita buat melalui halaman Visual Basic Office maka sebaiknya Anda berikan proteksi Password.

Cara Memberikan Proteksi Password Pada Microsoft Visual Basic Application (VBA) Microsoft Excel

 Jika halaman Visual Basic Office kita beri password maka orang lain tidak akan bisa membuka bahkan melihat serangkaian kode yang telah kita atur sedemikian rupa. Sangat disayangkan jika aplikasi atau pekerjaan yang susah-susah kita buat namun oleh orang lain seenaknya diubah kode-kodenya. Oleh karena itu silakan anda kunci saja halaman Visual Basic dengan kata sandi yang sulit ditebak orang lain.


Berikut Cara Memberi Proteksi Password Pada Visual Basic For Application (VBA) di Microsoft Excel


Dalam contoh kali ini saya akan memberikan contoh pada Office Excel. Karena Office Excel paling banyak digunakan orang-orang untuk membuat aplikasi seperti aplikasi raport, aplikasi buku induk, aplikasi perkantoran, dan sebagainya.

Sebetulnya tidak sulit juga untuk memberi proteksi pada Visual Basic Office Excel. Kita tidak perlu menggunakan kode khusus, karena fitur proteksi ini sudah disediakan secara default oleh Microsoft. Sedangkan kita tinggal mengaktifkannya saja.

Biasanya agar data di Excel tidak bisa di edit orang lain maka kita proteksi. Namun tetap saja proteksi tersebut masih bisa dibobol orang lain dengan membuka proteksinya meskipun orang lain tidak tahu kata sandinya. Tapi biasanya orang lain ketika ingin membobol proteksi Office Excel akan masuk ke halaman Visual Basic untuk membenamkan koding pada Module VBA. Nah jika halaman VBA kita proteksi maka orang lain yang ingin membobol data Office Excel jadi tidak bisa melakukannya.

Silakan untuk memberikan proteksi pada VBA Office Excel Anda buka halaman VBA dengan cara cepat saja yaitu menekan Alt+F11 pada keyboard. Setelah jendela VBA aktif, Anda klik kanan pada Workbook yang ingin di proteksi lalu klik pilih VBAProject Properties.

Cara Memberikan Proteksi Password Pada Microsoft Visual Basic Application (VBA) Microsoft Excel

Pada jendela VBAProject Properties silakan Anda klik tab Protection. Centang/checklist pada Lock project for viewing lalu buat kata sandi yang sulit ditebak orang lain pada kolom Password to view project properties.

Cara Memberikan Proteksi Password Pada Microsoft Visual Basic Application (VBA) Microsoft Excel

Mungkin hanya itu saja artikel singkat tentang Cara Proteksi Visual Basic Application Excel. Meskipun artikel ini singkat, namun semoga saja ada manfaatnya bagi yang membutuhkan. Salam sukses selalu!

0 Response to "Cara Memberikan Proteksi Password Pada Microsoft Visual Basic Application (VBA) Microsoft Excel"

Post a Comment