Loading...

PC Gaming Kamu Siap Untuk bisa digunakan VR ? Simak Resep Rakitannya di kutipan rama

Sekarang adalah era Virtual Reality (VR). Menggunakan teknologi VR, permainan akan tampil lebih nyata, dan gamer bisa merasa seperti di tengah lingkungan game langsung dan bebas melihat ke segala arah. Bermain game di VR membutuhkan PC kecepatan tinggi, karena PC perlu membuat dua gambar, satu untuk mata kiri dan satu untuk mata kanan.

Apakah PC gaming Anda dapat menjalankan VR? Jika tidak, Jake memberikan bimbingan merakit PC yang kuat untuk VR dengan anggaran yang pas. Penasaran bukan? Cari tahu lebih lanjut yuk!

PC Gaming Kamu Siap Untuk VR? Simak Resep Rakitannay di Blog Kutipan rama

Tips Merakit PC yang Kuat Untuk Virtual Reality

Syarat-syarat PC gaming yang bisa menjalankan VR adalah:

  • Lebih banyak inti atau ‘core’ maka akan lebih lancar. Ini mengapa kita memilih prosesor dengan octa (8) core. Quad (4) atau dual (2) core jelas akan lebih lambat dan pengalaman VR jadi kurang mulus bahkan bisa bikin mual.
  • Gunakan graphics card/GPU yang sudah mendukung teknologi DirectX 12, Vulkan API, dan LiquidVR secara penuh. Jangan menggunakan GPU bawaan atau on-board ya. GPU harus mampu menampilkan gambar untuk masing-masing mata minimal 30 frame per detik, idealnya 60 frame per detik (artinya harus memproses 60 frame per detik total / idealnya 120 frame per detik total).
  • VR headset atau lazim disebut juga Head Mounted Display (HMD). Harganya amat sangat mahal. Tapi kamu bisa buat VR HMD sendiri dengan biaya murah bahkan gratis, kok. Bisa baca di artikel Bikin 'Oculus Rift' sendiri di Bawah Sejuta? Ini caranya!.
  • Game yang sudah mendukung VR tentunya.

Untuk keperluan VR, Jaka menggunakan PC desktop yang dirakit menggunakan komponen-komponen berikut:
  • Prosesor: AMD FX 8370 8-core 4.3GHz + Wraith Cooler
PC Gaming Kamu Siap Untuk bisa digunakan VR ? Simak Resep Rakitannya di kutipan rama

AMD FX 8370 prosesor memiliki inti nomor 8, sehingga cocok untuk VR. Kecepatannya melebihi 4GHz (dengan Turbo mencapai 4.3GHz), sehingga prosesor ini juga sangat ketat untuk setiap jenis permainan. Faktor yang paling penting dari ini adalah prosesor kipas pendingin disertakan, Wraith Cooler. Jenis pendinginan ini memastikan bahwa ketika prosesor bekerja keras untuk memproses permainan, suhu masih dingin, dan menghindari kerusakan umumnya disebabkan oleh panas yang berlebihan.
  • Motherboard: ASRock 990FX Killer Fatal1ty
PC Gaming Kamu Siap Untuk bisa digunakan VR ? Simak Resep Rakitannya di kutipan rama

Prosesor ini biasanya ditempatkan pada motherboard. Oleh karena itu memilih motherboard yang mampu juga penting. ASRock 990FX Killer adalah salah satu dari serangkaian Fatal1ty, sehingga memiliki fitur yang dikhususkan untuk gaming, antara lain Pembunuh NIC sehingga kinerja jaringan dimaksimalkan, dukungan untuk CrossfireX hingga 3-way (tiga GPU dalam satu sistem), kualitas audio DTS surround, padat emas kapasitor motherboard daya tahan membuat ini luar biasa tangguh dan tidak mudah rusak dalam berbagai kondisi. Selain fitur overclocking juga luar biasa dilengkapi.
  • GPU: AMD Radeon R9 Fury Nano 4GB HBM
PC Gaming Kamu Siap Untuk bisa digunakan VR ? Simak Resep Rakitannya di kutipan rama


ni adalah salah satu GPU terkencang dari AMD, yang menggunakan memori jenis HBM 4096-bit. Dengan VRAM 4GB dan dukungan teknologi DirectX 12, Vulkan API, serta LiquidVR secara penuh, AMD R9 Fury Nano sudah memenuhi semua syarat untuk game VR. Apa betul demikian? Kita lihat nanti di bagian pengujian.
  • RAM: 8GB Team Xtreem DDR3 2400
  • SSD: Seagate 600 MLC 240GB
  • OS: Windows 10 Pro x64
  • Monitor: ASUS MG279 27” Gaming IPS 1440p 144Hz
Tujuan bermain game VR tentu saja lebih mementingkan adanya HMD dibandingkan monitor, tapi karena saat ini HMD belum bisa menjadi monitor yang berdiri sendiri, kita tetap membutuhkan monitor gaming yang handal, terutama karena mungkin gamer tidak setiap kali bermain game dalam mode VR, dan ingin bermain normal. Pemilihan layar IPS 1440p 144Hz dengan ukuran 27 inci memastikan bahwa kualitas gambarnya lebih cling dan mulus daripada Full HD biasa.

Pengujian test Kecepatan  system PC


Langkah pertama sebelum bermain game VR adalah tes dahulu secara sintetis apakah PC kamu kinerjanya sudah mumpuni untuk VR. Pertama, download dahulu Steam VR Performance Test ke PC.

PC Gaming Kamu Siap Untuk bisa digunakan VR ? Simak Resep Rakitannya di kutipan rama

Setelah itu jalankan benchmark-nya seperti gambar dibawah ini :

PC Gaming Kamu Siap Untuk bisa digunakan VR ? Simak Resep Rakitannya di kutipan rama

PC kamu harus mendapat penilaian ‘Ready’ seperti terlihat di hasil pengujian PC JalanTikus di bawah ini supaya bisa memainkan game VR dengan lancar.

PC Gaming Kamu Siap Untuk bisa digunakan VR ? Simak Resep Rakitannya di kutipan rama

  • Terlihat pada hasil pengujian tersebut bahwa kombinasi AMD FX 8370 8-core dan AMD R9 Fury Nano 4GB berhasil lulus uji dengan skor 8.5, yang artinya sudah VR Ready. Tidak ada frame yang drop karena CPU terlambat, frame rate yang didapat juga mulus selalu di atas 90 frame per detik

Pengujian Gaming

PC Gaming Kamu Siap Untuk bisa digunakan VR ? Simak Resep Rakitannya di kutipan rama


Untuk gaming, Jaka menguji menggunakan Rise of the Tomb Raider v1.0 build 647 yang sudah mendukung DirectX 12, serta stereoscopic 3D/VR rendering. Pengujian ini tetap melakukan render dua kali lipat lebih berat, sehingga cukup mewakili keadaan game yang sudah VR-enabled pada umumnya.

How do we test?

Jaka running internal benchmark RotTR and record the results for the two types of resolutions: 1080p (Full HD) and stereoscopic / VR.

Jaka test 1080p resolution for exceptional gaming desktop needs, and VR for Android smartphones using VRidge or Trinus VR (article can be read at Jalantikus too).

Resolution Rift native is 1200p (2160x1200 pixels), but since we did not have a screen 1200p, fortunately there are monitors ASUS MG279 has a resolution of 1440p, so that when the engine Rift perform down sampling, the results remain smooth and not broken as compared with the need to upscale of resolutions low.

Then seen that the Very High detail settings highest in RotTR have some glitch / visual disturbances to VR for various shader effects used overlap (shortage of the game, not its hardware). In these details as well, its performance affects the comfort of our eyesight. Therefore test at the highest detail level and one level below (High) .Tampilan Rise of the Tomb Raider games in stereoscopic / VR / Side-by-Side rendering

Test result


results benchmarkPada highest setting and resolution of 1440p, PC gaming AMD produces smooth rendering speed game with an average in the range of 52 frames per second, and sometimes drop to 38-40 fps. Once we activate VR / SBS, GPU had to work twice as hard, so that speed was down to below 40 fps.

When we lower the resolution to 1080p or reduce the level of detail, newly obtained seamless gaming experience. As long as the speed is above 40 fps all the time, does not happen dizziness / nausea in Side-by-Side mode altogether. In the table, the green color signifies the most optimal settings / smooth to play VR.

The combination of AMD FX 8370 octa-core and Radeon R9 Fury Nano generate VR gaming experience smooth and comfortable either in native resolution (1440p) with high detail, or 1080p with detail Very High / maximum. VR game to play in the highest detail and resolutions 1440p apparently takes two GPU R9 Fury Nano in CrossFireX mode.

Conclusion


Maybe this time the PC gaming that you have at home is able to run heavy games (the term: the right price), but if the VR, the computer is not necessarily able to run smoothly. The problem is, if you see broken, our brains will be confused and cause nausea / drunk that gaming VR uncomfortable.


Lihat Cuplikan Videonya dibawah Ini




 aplikasi uji yang disediakan oleh Valve, yaitu Steam VR Performance Test, bisa digunakan untuk siapa saja secara gratis. Coba jalankan di PC, dan lihat hasilnya. Atau coba jalankan Rise of the Tomb Raider dalam mode DirectX 12 dan stereoscopic/SBS. Kalau hasilnya kurang mulus, mungkin sudah saatnya kamu pertimbangkan mengganti PC/upgrade ke hardware AMD?

0 Response to "PC Gaming Kamu Siap Untuk bisa digunakan VR ? Simak Resep Rakitannya di kutipan rama"

Post a Comment