Loading...

Cara Mengatasi Memori Usage & CPU USAGE Yang Selalu TINGGI di Laptop Ber OS Windows 7

Apa yang Anda lakukan ketika mengetahui kalau CPU Usage komputer/laptop mencapai 100%? Anehnya padahal Anda sendiri tidak sedang membuka program apapun. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa jika nilai CPU Usage rendah maka kinerja komputer akan baik. Kinerja komputer tidak akan lambat dan dapat beroperasi secara normal. Selain CPU Usage kecepatan komputer juga dipengaruhi oleh Memori Usage. Semakin besar Memori yang kita gunakan maka akan semakin cepat kinerja komputer Anda.

Banyak faktor yang menyebabkan CPU Usage selalu tinggi. Hal ini bisa saja di komputer kita ada virus yang sedang beroperasi. Selain virus bisa juga penyebabnya adalah Windows telah menjalankan aplikasi atau file yang salah. Contoh kongkritnya adalah seperti program svchost.exe dan explorer.exe yang perannya sangat berpengaruh besar pada kinerja komputer.

Cara Mengatasi Memori Usage & CPU USAGE Yang Selalu TINGGI di Laptop Ber OS Windows 7

Yang bisa menyebabkan Memori Usage dan CPU Tinggi tinggi adalah karena terlalu banyak program yang sedang berjalan di system tray. Kemungkinan lainnya bisa saja Processor yang Anda terlalu lama digunakan sehingga menimbulkan overheat.

Berikut Cara Mengatasi Memori Usage dan CPU Usage Tinggi di Semua Windows komputer anda


RAM atau memori adalah perangkat keras (hardware) komputer yang mempunyai peranan penting agar komputer bisa dijalankan. Komputer/laptop mustahil bisa dioperasikan tanpa adanya RAM. Agar kinerja komputer tidak lambat, maka sebaiknya kita harus menggunakan RAM yang cukup besar seperti 2 GB atau 4 GB. Ukuran tersebut sudah cukup Anda gunakan untuk membuat Windows bisa berjalan dengan optimal.

Processor mempunyai tegangan yang fungsinya sebagai daya tampung untuk bisa menjalankan setiap perintah program. Tegangan pada processor ini sering kita kenal dalam satuan GHz. Semakin besar satu GHz pada processor maka semakin besar juga daya tampung CPU. Jika processor yang kita gunakan memiliki tegangan 3.0 GHz maka artinya processor mampu menampung hingga 3 miliar data komputer dalam hitungan detik.

Selain RAM, hardware vital lainnya adalah Processor atau CPU. Processor adalah hardware komputer yang bisa dikatakan otaknya komputer agar bisa dioperasikan dengan normal. Semakin besar CPU Usage maka akan semakin lambat kinerja komputer Anda.

Permasalahan pada CPU Usage yang tinggi adalah akibat dari kegiatan kinerja CPU tidak sebanding dengan kapasitasnya. Solusi terbaiknya adalah Anda harus mematikan program-program background yang menurut Anda tidak penting.

Caranya cukup mudah, silakan Anda buka Task Manager dengan cara cepat saja yaitu menekan Ctrl+Alt+Delete pada keyboard kemudian klik pilih Start Task Manager.

Anda klik Tab Processes dan klik lagi Private Working Set untuk mengurutkan program yang bekerja dari nilai yang paling besar. Dengan memilih Private Working Set maka kita akan mengetahui program apa yang membuat CPU Usage tinggi yang diurutkan dari yang tertinggi.

Kemudian jika sudah menemukan program yang memberatkan kinerja komputer, silakan Anda klik kanan dan klik pilih End Process.

 Langkah bijaknya silakan Anda hapus atau uninstall saja program tersebut dari komputer.

Sebetulnya CPU Usage tinggi ini tidak selamanya buruk pengaruhnya bagi kinerja komputer. CPU Usage tinggi berarti processor Anda sedang bekerja dengan performa yang maksimal. Yang menjadi masalah dan pertanyaan adalah CPU Usage tinggi namun Anda sendiri sedang tidak menjalankan program apapun.

Hal yang kelihatan sepele seperti yang sudah saya singgung diatas adalah CPU Usage tinggi bisa jadi processor Anda butuh istirahat. Artinya komputer sudah terlalu lama digunakan sehingga processor menjadi overheat. Silakan Anda matikan dulu komputer dan berikan waktu secukupnya agar komputer bisa istirahat.


0 Response to "Cara Mengatasi Memori Usage & CPU USAGE Yang Selalu TINGGI di Laptop Ber OS Windows 7"

Post a Comment