Loading...

Cara Menguji Seberapa Kuat Antivirus yang Kamu Gunakan di Computer Maupun Laptop Kalian

emang yakin kalo antivirus dan firewall yang digunakan di komputer pribadi kamu sudah bekerja dengan baik dan dapat menangkal segala virus yang ada? Bagaimana kalo antivirus dan firewall yang selama ini kamu gunakan justru tidak berfungsi dan malah menampung berbagai penyakit seperti virus dan malware di komputer?

Makanya, baca terus artikel ini hingga habis untuk mengetahui cara mudah untuk menguji seberapa tangguh antivirus dan firewall yang ada di komputer kamu. Tenang, tidak ada file yang berbahaya kok yang harus kamu gunakan pada pengujian kali ini.

Cara Menguji Seberapa Tangguh Antivirus dan Firewall Komputer Kalian

Ada beberapa tes yang bisa kamu coba, tanpa harus menginstall software tertentu di komputer. Cara mudahnya ialah dengan mengunjungi website-website berikut dan ikuti segala instruksi yang mereka gunakan. Jika kamu dapat melaluinya dengan baik, maka dipastikan komputer kamu aman dari berbagai ancaman seperti virus dan malware yang berseliweran di internet.

1. Uji Seberapa Kuat Firewall dengan Shields Up silahkan dicoba !

Cara Menguji Seberapa Kuat Antivirus yang Kamu Gunakan di Computer Maupun Laptop Kalian

Tes yang patut untuk kamu coba demi menguji seberapa kuatnya software firewall yang kamu miliki ialah dengan mengunjungi website Shields Up!. Website ini secara terperinci akan menguji 1000 port yang ada pada komputer, dan memberitahu hasil dari pengujian tersebut. Jika ada satu saja port yang berbahaya, maka kamu akan diberitahu. Berarti sudah saatnya untuk mengganti firewall yang selama ini kamu gunakan.


2. Tes Keamanan Browser dengan Panopticlick

Cara Menguji Seberapa Kuat Antivirus yang Kamu Gunakan di Computer Maupun Laptop Kalian

Website ini akan menjalankan sebuah tes singkat yang dapat membuktikan bahwa apakah web browser yang selama ini kamu gunakan dapat memblokir setiap ancaman. Ancaman-ancaman tersebut meliputi tracking ads (iklan yang merekam behavior pengguna),_ invisible tracker_, keamanan terhadap software pihak ketiga, dan perlindungan terhadap fingerprinting. Jika tes-tes tersebut gagal untuk dilakukan oleh browser, maka sudah saatnya kamu untuk menggunakan software browser lainnya.


3. Tes Seberapa Tangguh Antivirus dengan EICAR

Cara Menguji Seberapa Kuat Antivirus yang Kamu Gunakan di Computer Maupun Laptop Kalian
Kamu jangan percaya deh dengan antivirus yang kamu gunakan jika belum di-tes menggunakan cara berikut ini. EICAR atau European Expert Group for IT-Security menciptakan beberapa file yang dapat menguji seberapa tangguh dan responsifnya antivirus yang kamu gunakan. 

File tersebut merupakan dummy atau file virus palsu yang "seharusnya" akan langsung terdeteksi oleh antivirus. Jika antivirus tidak bereaksi, maka hampir dapat dipastikan bahwa antivirus kamu kagak tangguh deh.

Itu dia tiga cara yang bisa kamu andalkan untuk menguji seberapa kuatnya antivirus, firewall, dan web browser yang kamu gunakan di komputer. 

0 Response to "Cara Menguji Seberapa Kuat Antivirus yang Kamu Gunakan di Computer Maupun Laptop Kalian"

Post a Comment