Loading...

Cara SederhaNa Membuat Kipas Angin Tanpa Menggunakan Listrik sama sekali dijamin Hemat !!!

Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis. Tak heran jika cuacanya terasa cukup menyengat, utamanya saat musim kemarau. Banyak penduduk yang tinggal di kota-kota besar mengeluh karena setiap hari merasakan yang namanya gerah.

Solusi terbaik dan termudah untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan AC atau kipas angin. Karena AC harganya lebih mahal dan tidak hemat listrik, banyak orang lebih memilih kipas angin sebagai solusi mengatasi masalah gerah. Seperti yang kita tahu bahwa kipas angin dapat beroperasi apabila ada listrik.

Namun tahukah anda bahwa ada kipas angin yang dapat beroperasi tanpa menggunakan energi listrik? Ya, sebagai pengganti listrik kita bisa memanfaatkan medan magnet untuk memutar baling-baling kipas angin sehingga menghasilkan udara yang cukup sejuk. Mau tahu cara membuatnya? Simak ulasan berikut.

Cara SederhaNa Membuat Kipas Angin Tanpa Menggunakan Listrik sama sekali dijamin Hemat !!!

Cara SederhaNa Membuat Kipas Angin Tanpa Menggunakan Listrik sama sekali dijamin Hemat !!!


Cara MemBuatnya Kipas Angin Tanpa Listrik 

Sebelum memulai membuat kipas angin tanpa listrik, kamu harus menyiapkan dulu beberapa alat dan bahan yang harus diperlukan untuk membuatnya. Berikut ini dari saya beberapa alat dan bahan untuk membuat kipas angin sederhana tanpa listrik. Anda bisa memanfaatkan beberapa barang bekas yang sudah tak terpakai.

  • 1 buah kipas atau fan komputer bekas ukuran sedang
  • 4 buah magnet bekas harddisk berukuran kecil
  • Obeng, gunting, dan pisau


Setelah semua alat dan bahan sudah siap. Selanjutnya kita bisa memulai membuat kipas angin tanpa listrik sederhana yang murah meriah. Berikut beberapa langkah-langkah pembuatan yang bisa anda ikuti. Hati-hati dalam menggunakan pisau dan gunting karena bisa melukai tangan anda.

  1. Pertama-tama siapkan kipas atau fan bekas komputer
  2. Setelah itu lepas bagian bawah motor agar baling-baling bisa dibuka
  3. Ambil baling-baling dari tempatnya
  4. Tempet 4 buah magnet bekas harddisk pada masing-masing sudut kipas
  5. Pasang kembali baling-baling
  6. Kipas akan berputar tanpa listrik

 Namun sebelum itu anda juga harus tahu bahwa kipas angin tanpa listrik ini punya beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah dapat digunakan tanpa listrik dan harganya sangat murah. Sedangkan kekurangannya adalah putarannya yang kurang maksimal.

Tak seperti kipas angin listrik yang berputar dengan sangat kencang, kipas angin tanpa listrik ini putarannya cukup lemah. Apalagi jika pemasangan magnetnya tidak simetris, kemungkinan akan sulit untuk berputar. Semoga sedikit informasi cara membuat membuat kipas angin tanpa listrik sederhana dan mudah ini bermanfaat.

0 Response to "Cara SederhaNa Membuat Kipas Angin Tanpa Menggunakan Listrik sama sekali dijamin Hemat !!!"

Post a Comment