Loading...

Apa itu Data tape server !!!

Assalamualaikum Wr Wb kembali lagi dengan saya di Blogger, saya akan membahas tentang data tape server yang biasa digunakan untuk  backup database secara Automatic setiap Perhari - Perminggu - Perbulan dan Pertahun, Tape data Backup Server adalah kemampuan untuk secara berkala meng-copy isi dari semua data atau sebagian ditunjuk data dari perangkat penyimpanan biasa ke perangkat tape dengan cartridge sehingga dalam hal terjadi kecelakaan hard disk atau kegagalan yang sebanding, data tidak akan hilang.




Data Tape server memiliki 6 fungsi jenis yaitu.

  1. Cloud Storage 
  2. Perlindungan Data 
  3. Manajemen Penyimpanan Data 
  4. NAS (network attached storage) 
  5. Penyimpanan Primer atau Storage Hardware 
  6. SAN (storage area network) 
Pengertian Cloud Storange dan Fungsi Cloud Storange Pada Data Tape Server : 

Apasih Cloud Storage itu ! ok langsung saja kita bahas bareng - bareng, Cloud Storage pada Data Tape Server suatu media penyimpanan data yang dapat diakses dimana saja, dan kapan saja oleh para penggunanya melalui perantara jaringan  yang terintegrasi dan tersinkronisasi melalui internet. dan Tentu saja filenya berada dikomputer dimana anda membuat akun cloud storage. Ilustrasinya seperti ini, Jika saya seorang Desainer maka saya membutuhkan beberapa file seperti gambar, ilustrasi,dll, oleh karana itu untuk mempermudah saya ketika bekerja dimana saja, saya menyimpanya di salah satu penyedia cloud storange. dan ini bisa menjadi pilihan untuk menyimpan data atau file kita. Kita biasanya menyimpan data pada beberapa media seperti CD, Flashdish, Harddish. Tapi sebagian pengguna komputer hal tersebut yang saya sebutkan diatas, mulai menjadi penghalang efisiens/efektifitas kerja saat data-data atau file yang sedang dibutuhkan tidak dapat diakese atau digunakan. Misalnya CD, Flashdish, atau Harddish yang rusak. Saat disimpan secara 'cloud', data-data tersebut dapat dengan mudah diakses lewat jaringan internet. Tidak perlu mengambil laptop/notebook saat ketinggalan, atau mencari flashdisk di segala tempat. dan Jika terjadi masalah pada saat ingin mengakses file di cloud storange maka ada beberapa kemungkinan misalnya, Penyedia Cloud Storange/Cloud Hosting sedang melakukan maintenance secara berkala. dan Jika Space atau ruang data yang terbatas maka ada beberapa cara untuk mendapatkan banyak space lagi, Kalau sudah penuh kita dapat membuat akun baru lagi, atau bisa juga mengambil layanan premium dengan membayar sejumlah tarif untuk mendapatkan tempat penyimpanan yang lebih besar/ada juga yang sampai unlimited. Yang paling disukai dari keuntungan teknologi ini adalah kemudahan mengakses data-data kita di mana saja dan kapan saja. 

Kekurangan Cloud Storage Data tape server
  • hal keamanan. Setiap akun dilindungi oleh password yang bisa saja diketahui orang lain, Walaupun kita berusaha semampu kita untuk berhati-hati tetap saja tak menutup kemungkinan akun kita bisa dibuka atau dibobol orang lain. 
  • Gangguan pada saat mengakses data, mungkinkah itu disebabkan karena koneksi yang bermasalah atau terlalu lama, atau server yang sedang 'down'. 
semoga menambah pengetahuan untuk kita, dan semoga bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "Apa itu Data tape server !!!"

Post a Comment