Loading...

Inilah 8 Fitur Bawaan Smartphone Android yang Jarang Digunakan

Salah satu alasan mengapa Android dapat menarik banyak minat karena kemudahan pengguna dikembangkan. Kemudahan inilah yang kemudian memunculkan banyak variasi aplikasi pendukung yang digunakan untuk memaksimalkan fitur yang melekat dari smartphone. Sampai pengguna akhirnya Android memiliki kebebasan untuk menggunakan smartphone-nya seperti yang Anda inginkan, sesuai kebutuhan.

Dengan begitu banyak vendor smartphone Android yang berbeda, berbagai semua fitur yang ditanamkan oleh masing-masing vendor. Tak jarang, fitur yang tertanam di smartphone Android yang tidak pernah digunakan.

fitur Android Jarang Digunakan

pengguna Android dapat dengan mudah menemukan ribuan aplikasi unik dan keren di Play Store Google. Karena itu tergantung pada keberadaan aplikasi pihak ketiga, beberapa fitur smartphone yang ada sehingga jarang digunakan. Seperti beberapa fitur berikut:

1. Enkripsi

Android dianggap rentan dalam hal keamanan. Namun, meskipun dianggap kurang aman, smartphone Android ini dilengkapi dengan berbagai metode keamanan yang akan membuat pengguna tetap nyaman dan aman. Salah satu fitur pendukung yang membawa keamanan Android adalah enkripsi.

Inilah 8 Fitur Bawaan Smartphone Android yang Jarang Digunakan

Meskipun fitur-fiturnya sangat membantu dalam kasus jika smartphone dicuri, tetapi ketika enkripsi dilakukan ada beberapa kelemahan. Smartphone akan dienkripsi kinerja sangat lambat karena setiap proses membaca data harus menembus lapisan enkripsi. Android enkripsi hanya satu arah, sehingga tidak dapat diubah menjadi data normal lagi. Dengan kelemahan itu, adalah wajar untuk fitur enkripsi di Android jarang digunakan.

2. Hidup Wallpapaper


Menginginkan smartphone yang menggunakan ROM AOSP atau vendor ROM kustom, semuanya memiliki mendukung Live Wallpaper. Sirkuit menggunakan wallpaper hidup, untuk melihat Android Anda melihat begitu hidup dan tidak membosankan. Namun, karena kelelahan cepat hasil baterai di smartphone, maka fitur ini sangat jarang digunakan.

Inilah 8 Fitur Bawaan Smartphone Android yang Jarang Digunakan

Alih-alih menggunakan wallpaper hidup, pengguna smartphone lebih memilih untuk menggunakan wallpaper statis yang menarik. Anda dapat menemukan berbagai menarik wallpaper di penyedia aplikasi wallpaper seperti Wallz.

3. Multi User


Sejak diperkenalkan Lollipop Android, pengguna sehingga Android bisa menggunakan Anda modus Multi User pada smartphone. Dengan fitur ini pengguna dapat membuat Android modus khusus untuk pribadi dan untuk orang lain (modus tamu). Kemudian semua aplikasi dalam mode pribadi tidak akan terlihat dalam modus tamu, dan sebaliknya.

Inilah 8 Fitur Bawaan Smartphone Android yang Jarang Digunakan

Namun, fitur ini jarang digunakan oleh pengguna smartphone Android. Alih-alih mengaktifkan Multi User, banyak pengguna smartphone lebih memilih untuk tidak meminjamkan smartphonenya pada orang lain.

4. Smart Lock


Tidak hanya Multi User, Android Lollipop juga dilengkapi dengan fitur Smart Lock. Seperti namanya, fitur ini secara cerdas akan menyesuaikan kapan dan di mana kita akan terkunci smartphone. Jika diaktifkan, Anda dapat secara otomatis menonaktifkan smartphone kunci sementara di rumah, ketika dekat smartwatch, atau saat digenggam, bahkan hanya dengan mengatakan "OK Google".

Inilah 8 Fitur Bawaan Smartphone Android yang Jarang Digunakan

Di balik segala kelebihan dari fitur Smart Lock, pengguna Android lebih memilih untuk meng-install aplikasi pengunci layar, seperti Hi Locker atau DroidLock. Padahal jika mau sedikit meluangkan waktu untuk mengaktifkan Smart Lock, kamu akan jadi lebih mudah dan aman.

5. NFC

Inilah 8 Fitur Bawaan Smartphone Android yang Jarang Digunakan

Near Field Communication (NFC) adalah metode transfer data yang pada dasarnya menciptakan komunikasi antara dua perangkat dengan cara menyinggungkan atau membawa dua perangkat pada jarak tertentu. Metode ini umumnya digunakan metode pembayaran dalam kartu kredit atau debit, serta kartu akses lainnya. Di smartphone NFC digunakan untuk mentransfer file dengan cepat, musik atau gambar. Hanya karena sedikit smartphone yang menggunakan NFC, fitur ini sangat jarang digunakan.


6. Radio FM

Inilah 8 Fitur Bawaan Smartphone Android yang Jarang Digunakan

Di era Internet of Things, ada vendor yang menyediakan fitur radio FM pada produk smartphone. Meskipun sekarang Radio FM jarang digunakan karena tergeser oleh layanan streaming musik seperti JOOX atau Spotify.

7. Print


Sama seperti Smart Lock dan Multi user, Print juga merupakan fitur yang dibekalkan Google di Android Lollipop. Print memungkinkan kamu untuk melihat dan mencetak dokumen langsung dari smartphone ke printer saat berada di jaringan WiFi yang sama. Jadi gak perlu lagi ribet-ribet pindah dari smartphone ke komputer saat ingin cetak dokumen PDF.

Inilah 8 Fitur Bawaan Smartphone Android yang Jarang Digunakan

Meski terbilang mudah untuk menggunakannya, namun karena harus berada dalam jaringan yang sama, membuat fitur Print di Android jarang digunakan. Toh sekarang semua serba paper-less kan? Jadi daripada nge-print, mending kirim via email.

8. Face Unlock

Inilah 8 Fitur Bawaan Smartphone Android yang Jarang Digunakan

Bagi pengguna Android Kitkat, Pasti Akrab DENGAN fitur Face Unlock. Namun di Android Lollipop, Face Unlock LEBIH dikenal sebagai Trusted Wajah, merangkap DENGAN Smart Lock. Mencari Google Artikel fitur Penyanyi, smartphone kamu akan Dibuka Hanya JIKA mengenali Wajahmu Saja. Fitur Penyanyi Jarang KARENA digunakan dinilai TIDAK pengerjaannya efisien Saat Kondisi pencahayaan Kurang memadai.

0 Response to "Inilah 8 Fitur Bawaan Smartphone Android yang Jarang Digunakan"

Post a Comment