Loading...

Kamu bisa Download Kalender Pendidikan Madrasah Jawa Barat 2016-2017 & Pedoman Penyusunan Secara Gratis

 Tahun Pelajaran 2015-2016 sudah berakhir dan kini Tahun Pelajaran 2016-2017 sudah diambang puntu. Setiap pergantian Tahun Pelajaran ada satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh insan pendidikan baik Sekolah ataupun Madrasah yaitu hadirnya Kalender Pendidikan. Ya memang benar bahwa Kalender Pendidikan yang sering disebut juga dengan Kaldik adalah salah satu hal yang paling dinanti-nanti. Alasannya Kalender Pendidikan adalah dokumen yang didalamnya berisi pengaturan waktu untuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran pendidikan selama satu tahun penuh atau tahun pelajaran. Mulai dari permulaan tahun pelajaran, hari libur, hari efektif, dan hari-hari penting lainnya semuanya dikemas dalam Kalender Pendidikan. Maka daripada itu kehadiran Kalender Pendidikan akan selalu ditunggu-tunggu oleh seluruh Sekolah atau Madrasah se-Indonesia.

membutuhkan Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2016-2017, disini saya akan berbagi file download Kaldik. Kalender Pendidikan ini berlaku khusus bagi Sekolah dibawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) saja, seperti Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), dan Madrasah Aliyah Kejuaran (MAK).

Kamu bisa Download Kalender Pendidikan Madrasah Jawa Barat 2016-2017 & Pedoman Penyusunan Secara Gratis

Mengingat Kalender Pendidikan setiap Provinsi se-Indonesia itu berbeda-beda, oleh karena itu disini saya membatasinya. Kalender Pendidikan Madrasah 2016-2017 ini hanya berlaku untuk Madrasah naungan Kemenag di Provinsi Jawa Barat saja. Mungkin untuk Provinsi lainnya akan berbeda dengan Kaldik Jabar ini.

Perlu diketahui bahwa di dalam Kalender Pendidikan terdapat beberapa ketentuan yang harus dipahami, diantaranya :

  • Permulaan Tahun Pelajaran adalah waktu dimulainya kegiatan belajar mengajar di Madrasah;
  • Minggu Efektif adalah jumlah minggu kegiatan belajar mengajar di Madrasah;
  • Waktu Belajar Efektif adalah jumlah jam belajar mengajar yang dilaksanakan setiap minggu di Madrasah;
  • Jeda Tengah Semester adalah penggalan waktu setiap semester baik Semester Gasal maupun Semester Genap;
  • Waktu Libur adalah kegiatan yang ditetapkan bahwa tidak ada aktifitas belajar mengajar yang terjadwal.

Berikut Link Download Kalender Pendidikan Madrasah 2016-2017 Khusus Provinsi Jawa Barat


Sebelum menginjak ke file download Kalender Pendidikan Madrasah 2016-2017, alangkah baiknya Anda mengunduh file Pedoman Penyusunan Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2016-2017. Karena sebetulnya dalam penyusunan Kaldik ini harus dilaksanakan oleh Madrasah yang disesuaikan dengan kondisi lokasinya masing-masing. Dalam menyusun Kalender Pendidikan maka Madrasah bisa mengacu kepada Pedoman Penyusunan Kaldik ini.

File download Pedoman Penyusunan Kalender Pendidikan 2016-2017 ini adalah format pdf. Silakan Anda download pada link yang sudah saya sediakan dibawah ini :


 jika Anda malas harus membuat dan menyusun Kalender Pendidikan 2016-2017 sendiri, maka Anda bisa menggunakan Kaldik yang sudah jadi. Untuk memudahkan maka saya menyediakan link download Kalender Pendidikan Madrasah 2016-2017 dalam format Office Excel. Nanti Anda tinggal mengubah Nama Madrasah, Titimangsa, Nama dan NIP Kepala Madrasah saja. Selanjutnya Anda cetak (print) menggunakan jenis kertas A4.

Rekapitulasi Kalender Pendidikan Madrasah 2016-2017 (Hari Kalender, Hari Libur, dan Hari Efektif)

jumlah Hari Efektif pada kegiatan pembelajaran Tahun Pelajaran 2016-2017 khusus di Madrasah untuk Semester Gasal adalah 135 hari dan Semester Genap 128 hari. Hari libur pada Semester Gasal berjumlah 49 hari dan pada Semester Genap 53 hari. Selengkapnya Anda bisa lihat pada tabel berikut ini :

Kamu bisa Download Kalender Pendidikan Madrasah Jawa Barat 2016-2017 & Pedoman Penyusunan Secara Gratis

Kamu bisa Download Kalender Pendidikan Madrasah Jawa Barat 2016-2017 & Pedoman Penyusunan Secara Gratis

 Jika ada pertanyaan bisa disampaikan pada kolom komentar dibawah. Semoga artikel ini ada manfaatnya khusus bagi Madrasah Kemenag di Jawa Barat. Salam pendidikan dan salam sukses selalu.

0 Response to "Kamu bisa Download Kalender Pendidikan Madrasah Jawa Barat 2016-2017 & Pedoman Penyusunan Secara Gratis"

Post a Comment